[EXCLUSIVE] Wawancara Kelompok dengan Kim In Kwon “The Himalayas”!

Kim In Kwon_Interview KIFF 2016

Kim In Kwon_Interview Korea Indonesia Film Festival 2016.. 20161026

Bagi pecinta drama dan film Korea, pasti sudah tidak asing lagi dengan sosok Kim In Kwon. Aktor kelahiran 20 Januari 1978 tersebut, sering kali menghibur pecinta film dengan perannya yang selalu mengundang gelak tawa. Hari Rabu lalu (26 Oktober 2016) Kim In Kwon datang ke CGV Blitz di Grand Indonesia untuk menghadiri upacara pembukaan gelaran acara Korea Indonesia Film Festival 2016. Dalam kesempatan itu, KWI bersama beberapa rekan media lain melakukan wawancara dengan aktor yang memerankan tokoh Park Joeng Bok dalam film The Himalayas tersebut.

Yuk, langsung disimak saja hasil wawancara KWI dengan Kim In Kwon di bawah ini~ ^^

Kim In Kwon with Interpreters_Interview KIFF 2016

Kim In Kwon_Interview Korea Indonesia Film Festival 2016.. 20161026

[KWI] Tolong ceritakan tantangan terberat ketika proses pembuatan film The Himalayas.

[Kim In Kwon] Saat pertama kali saya diberi film The Himalayas, sebenarnya saya sangat takut, karena tidak semua orang bisa pergi ke Himalaya. Daerahnya sangat tinggi dan ada banyak penyakit-penyakit tertentu yang bisa muncul pada ketinggian tertentu. Saya juga sempat jatuh sakit karena penyakit tersebut, tapi bisa sehat kembali, dan hal tersebut menjadi pengalaman yang berkesan serta penuh makna selama proses syuting.

[KWI] Bagaimana cara mendalami karakter peran di dalam film The Himalayas?

[Kim In Kwon] Saya datang dan banyak berbicara, serta sharing dengan keluarga yang ditinggalkan. Di Korea banyak yang suka pergi ke gunung. Setiap kali saya bertemu dengan komunitas pendaki gunung, semua orang pasti kenal dengan Park Jeong Bok, tokoh yang saya perankan. Sehingga lebih memudahkan saya mencari tahu tentang sosok beliau.

[KWI] Selama ini seringkali mendapat peran sebagai supporting actor dan menerima penghargaan sebagai “Best Supporting Actor”. Apa makna supporting actor dan penghargaan-penghargaan tersebut bagi seorang Kim In Kwon?

[Kim In Kwon] Menurut saya, supporting actor merupakan hal yang penting dalam sebuah film. supporting actor bagaikan bumbu dalam sebuah makanan. Sebuah film tanpa supporting actor, akan seperti sebuah makanan tanpa bumbu, yang rasanya akan menjadi hambar.

[KWI] Siapa aktor yang selama ini menjadi panutan dan diidolakan?

[Kim In Kwon] Untuk aktor Korea, saya suka dengan Ahn Sung Ki, dari Tiongkok saya suka Jackie Chan, dan dari Amerika, saya suka dengan Jim Carrey. Sedangkan untuk aktor sepanjang masa, saya suka Robert De Niro. Ah iya, saya juga sangat suka dengan aktor Bollywood Shahrukh Khan. Saya selalu menonton film-filmnya.

[KWI] Bagaimana standar seorang Kim In Kwon dalam memilih film yang ditawarkan?

[Kim In Kwon] Yang paling pertama filmnya harus seru. Yang kedua, jika anak-anaknya bisa menonton lagi, saya pasti memilih film tersebut. Sehingga kelak generasi selanjutnya bisa melihat saya dalam film tersebut.

[KWI] Saat pertama kali melihat skenario The Himalayas, apakah sudah dapat menduga kalau film tersebut akan menjadi film yang sangat laris?

[Kim In Kwon] Tidak ada bayangan sebelumnya. Saat membaca skenario, saya hanya mengekspektasikan akan ada banyak penonton yang suka dengan film ini. Tapi saya yakin film-film yang saya mainkan pasti seru dan akan banyak yang menonton.

[KWI] Dari semua film yang telah dibintangi, tolong sebutkan 5 film yang menjadi film favorit.

[Kim In Kwon] Hmm… Yang pertama adalah Song Eo (Rainbow Trout), yang kedua Haeundae (Tidal Wave), yang ketiga Gwanghae (Masquerade), yang keempat Banga Banga (He’s On Duty). Ini merupakan film pertama saya sebagai pemeran utama, dan dari film ini juga saya bertemu dengan banyak Negara, seperti dari Bangladesh, Indonesia, Uzbekistan, dan masih banyak lagi. Satu film lagi kan? Hmm… Yang terakhir film Apostle: He Was Anointed By God.

[KWI] Setelah sudah pernah menyutradai film pendek, apakah ada kemungkinan untuk menyutradarai film panjang di kemudian hari?

[Kim In Kwon] Banyak tawaran yang datang kepada saya untuk menyutradarai film. Tapi untuk sementara ini, pekerjaan sebagai aktor masih merupakan pekerjaan yang paling menarik untuk saya, sehingga sementara ini saya masih ingin fokus sebagai aktor dan berakting saja.

[KWI] Apakah ada aktor muda yang saat ini menarik perhatian Anda?

[Kim In Kwon] Wah, sekarang ini tiba-tiba langsung tidak terpikir sebuah nama, hahahaha. Ah, sekitar 3 – 4 tahun lalu, ketika syuting Kangchul Dae Oh: Kugukui Chulgabang (Almost Che), ada junior saya yang ikut main bersama. Saat itu, saya berpikir kalau nanti pasti dia akan sukses. Dan ternyata benar, sekarang bahkan dia lebih terkenal dari saya, hahahaha. Semua orang pasti sekarang tahu dengan Jo Jung Suk. Di Korea, ada artis yang mirip saya, namanya Ahn Se Ha. Saya harap dia juga kelak bisa lebih baik dari saya.

[KWI] Dari semua film dan drama yang sudah pernah dimainkan, peran mana yang menjadi favorit, dan peran mana yang paling mirip dengan pribadi asli seorang Kim in Kwon?

[Kim In Kwon] Waah, pertanyaan yang sulit, hahahaha. Peran yang paling mirip, rasanya ketika saya bermain sebagai Il Beom dalam film Clown of a Salesman. Film itu bercerita tentang kegiatan sehari-hari, jadi sama seperti yang saya alami ataupun lakukan dalam kehidupan saya. Karena sama seperti kehidupan saya yang sebenarnya, bermain film ini jadinya tidak terlalu seru, hahaha. Untuk peran paling favorit, ketika saya memerankan Lee Jong Dae dalam film My Way. Saya punya foto ketika berpose untuk film My Way dalam ukuran yang besar, dan saya pasang di rumah saya.

[KWI] Selama ini, Anda selalu berperan untuk tokoh yang humoris dan jenaka. Apakah ada keinginan untuk mendapatkan peran yang lebih serius?

[Kim In Kwon] Saya beberapa waktu lalu sudah syuting untuk sebuah film horror, saya harap dari peran itu dapat membuat saya lebih serius, tidak jenaka lagi. Saya juga berharap akting saya di film itu dapat diterima. Pihak produser dan sutradara sangat yakin pada saya untuk memerankan tokoh tersebut, tapi sebenarnya saya takut dan tidak terlalu yakin juga, karena saya orangnya penakut. Saya takut sama hantu dan setan, hahaha. Ketika membaca naskah dan harus melakukan riset, rasanya skenarionya terlalu menyeramkan. Saya merasa seperti tidak bisa melakukannya, hahaha.

[KWI] Apakah Anda sudah pernah menonton film Indonesia? Bagaimana tanggapannya mengenai film-film di Asia?

[Kim In Kwon] Saya sudah menonton The Raid. Filmnya bagus sekali. Untuk film Asia, saya sangat suka film Bollywood. Film Bollywood banyak musik dan tarian, saya suka. Saya juga sudah menonton film Three Idiots, walau tidak ada musik dan tariannya, tapi film itu sangat bagus.

[KWI] Bagaimana kesan-kesannya terhadap Indonesia dan film-film Indonesia, serta harapan kedepannya?

[Kim In Kwon] Ini pertama kalinya saya datang ke Indonesia, dan hari ini merupakan hari kedua saya di Indonesia. Saya merasa sangat senang dan nyaman di Indonesia. Saya juga sudah menonton beberapa film-film Indonesia, salah satunya Cado-Cado (Catatan Dodol Calon Dokter). Menurut saya film-filmnya bagus-bagus. Saat di Korea, saya juga sudah banyak mendengar mendengar tentang film-film Indonesia. Saya merasa bangga karena film-film yang saya mainkan banyak disukai di Indonesia. Saya berharap dengan adanya kerjasama antara Indonesia dan Korea dalam film, dapat terus membuka kerjasama dalam bidang lainnya antar dua Negara ini. Dengan berjalannya waktu, saya percaya kedepannya nanti akan semakin banyak kerjasama antara Indonesia dan Korea.

Terima kasih kepada Kim In Kwon dan CGV Blitz, atas kesempatan wawancara yang telah diberikan. Sukses terus dan sampai bertemu lain waktu.

Kim In Kwon_Interview KIFF 2016

Kim In Kwon_Interview Korea Indonesia Film Festival 2016.. 20161026

Advertisements

Discuss this article...

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: