[EXCLUSIVE] Wawancara KWI dengan SAM!

KWI_Sam

Wake up, it’s 4 in the morning. 너 없인 잠을 못 자 I can’t sleep~

Familiar dengan lirik lagu diatas? Atau masih merasa asing? Kalimat diatas adalah sepenggal lirik dari sebuah lagu berjudul Wake Up, yang baru saja dirilis 23 Februari lalu oleh seorang solois pria bernama Sam, yang juga dikenal dengan nama Sam Ku.

Setelah mengikuti ajang The Voice Korea season pertama, Sam debut di bawah naungan GnG Production pada bulan Februari 2014. Setahun kemudian, tepatnya Februari 2015 lalu, Sam kembali mengeluarkan album single. Berbeda dengan album single debutnya, kali ini ia tak lagi berada dibawah GnG Production, melainkan berada dibawah naungan CHITWN Music, yang merupakan perusahaan yang didirikannya sendiri.

Penyanyi, penulis lagu, produser musik, pendiri perusahaan, pemandu program acara radio serta acara musik di televisi. Pria kelahiran 16 Januari 1988 yang tumbuh besar di Chicago, Amerika ini memang memiliki kemampuan untuk para pecinta musik dimanapun berada.

Beberapa waktu lalu KWI berkesempatan untuk melakukan wawancara eksklusif bersama pria bernama asli Samuel H. Ku ini. Selain berbicara mengenai single baru dan perusahaannya, Sam juga mengungkap banyak hal mengenai dirinya. Langsung simak hasil wawancaranya berikut ini untuk lebih mengenal sosok seorang Sam! ^^

– Halo Sam! Kami dari Korean Wave Indonesia. Selamat untuk album single ketiga kamu! Tolong ceritakan lebih jauh tentang single tersebut. Lagu tersebut bercerita tentang apa, berapa lama kamu membuatnya, dll.

[SAM] Terima kasih. ‘Wake Up’ adalah lagu yang saya tulis beberapa tahun lalu saat perjalanan pulang ke rumah. Lagu itu bercerita tentang hal yang saya lalui dalam hubungan saya dengan seseorang saat itu.  Saya dapat menyelesaikan lagu tersebut dengan bantuan banyak orang. Lagu itu sangat berarti untuk saya.

– Kamu shooting MV Wake Up di Shanghai. Apa ada momen tak terlupakan selama shooting? Dan apa adegan favorit kamu di MV tersebut?

[SAM] Shanghai sangat luar biasa! Kota yang indah dengan banyak sejarah dan warna. Momen tak terlupakan bagiku saat shooting pastinya adalah saat adegan di bathtub. Saya mengenakan kemeja, tapi tidak mengenakan celana! Itu seharusnya adegan yang sangat sedih dan emosional, tapi saya tidak bisa berhenti tertawa. Dengan NG (*red: istilah untuk pengambilan gambar yang tidak baik pada laporan kamera dan suara) yang minimal, kami bisa melewati adegan tersebut.

– Di usia yang sangat muda, kamu sudah memiliki perusahaan musik sendiri. Bagaimana perasaanmu tentang hal tersebut? Tolong ceritakan lebih jauh tentang CHITWN Music.

[SAM] Saya berterima kasih setiap hari karena telah diberi kesempatan menjadi bagian dari perusahaan dengan tim orang-orang hebat. CHITWN Music bukan sekedar musik dan bisnis. Ini adalah tempat dimana orang datang bersama untuk bertukar ide, menciptakan dan mengejar mimpi-mimpi mereka. Ini adalah tempat dimana orang membangun kepercayaan dan saling menghormati untuk tujuan yang lebih besar, karena manusia adalah aset paling luar bisa yang bisa dimiliki tiap orang.

– Kamu memandu program ‘Super KPop’ di Arirang Radio setiap Jumat, bagaimana perasaanmu tentang hal itu? Apakah kamu pernah mendapati lirik yang paling tak bisa kamu lupakan? Darimana lirik tersebut dan bercerita tentang apa?

[SAM] Hari Jumat sangat spesial untukku. Hari itu adalah hari dimana saya berkesempatan berbicara dengan para fans dan mempelajari lebih jauh terhadap satu sama lain. Super KPop telah memberi saya kesempatan untuk menjangkau fans dengan musik saya, serta memperlihatkan siapa diri saya, tak hanya sebagai Sam sang artis tapi juga sosok apa adanya Sam. Terima kasih untuk staf Super Kpop dan 1kyne yang selalu memberi saya perhatian. Semua lirik lagu yang dikirim selalu mengejutkan saya setiap Jumat. Terkadang saya merasa kalau para pendengar Super Kpop adalah penulis lirik yang lebih baik dari saya.

– Mana yang lebih kamu sukai? Memandu program Super KPop atau Pops in Seoul?

[SAM] Saya suka memandu keduanya. Dua acara tersebut agak berbeda secara alami, tapi saya senang melakukan keduanya!

– Tolong gambarkan konser impian kamu.

[SAM] Konser impian saya…. akan sangat luar biasa jika saya dapat menyanyikan lagu-lagu saya dengan full live band pendukung. Bersama dengan K.Shin, DJ MO’I, JMusic, dan orang-orang lain di panggung. Saya merasa luar biasa hanya dengan memikirkan tentang konser ini. Ketika hari itu tiba, dan saya tahu hari itu akan tiba, hari itu akan menjadi salah satu momen tak terlupakan dalam hidup saya.

– Jika kamu tidak di industri musik, apa yang akan kamu lakukan jika kamu sama sekali tak memiliki bakat musik?

[SAM] Jika saya tidak di industri musik, saya mungkin akan menikah dan menjalani kehidupan yang sederhana bersama istri dan anak-anak saya. Saya mencintai anak-anak dan saya selalu ingin membentuk sebuah keluarga. Untuk pekerjaannya, mungkin saya akan memilih untuk menjadi dokter anak.  Seperti yang sudah saya sebutkan sebelumnya, saya mencintai anak-anak, dan dokter anak bisa menjadi pekerjaan dimana saya dapat membantu anak-anak sepanjang hari.

– Jika kamu menulis buku tentang kehidupanmu, berapa bab yang akan kamu buat? Cerita apa yang ingin kamu ceritakan pertama kali?

[SAM] Walaupun saya baru menjalani sebagian kecil dari seluruh kehidupan saya, jika saya harus menulis buku tentang hidup saya, saya rasa saya akan menulis serial dengan bab yang sangat amat banyak. Mungkin saya ingin bercerita tentang keluarga dan orang-orang disekitar saya terlebih dahulu, tentang bagaimana mereka membantu saya melewati berbagai bagian berbeda di kehidupan saya.

– Apa harapan dan rencana kamu kedepannya?

[SAM] Saya ingin musik saya dapat diterima semua orang. Semua dan setiap lagu yang saya ciptakan memiliki cerita dibaliknya dan saya ingin para pendengar musik saya mengerti. Saya ingin mereka tahu cerita dan motivasi dibalik musik saya. Bertemu fans-fans saya dan sebisa mungkin mengenal mereka secara pribadi.

– Apa yang kamu ketahui tentang Indonesia? Jika ada kesempatan, apakah kamu mau datang dan bertemu para fans Indonesia?

[SAM] Saya selalu memiliki minat yang besar untuk mempelajari budaya negara-negara lain. Indonesia adalah negara yang sangat kaya akan budaya, dan itu akan menjadi pengalaman serta pembelajaran yang luar biasa untuk saya. Saya sangat ingin mendapat kesempatan untuk mengunjungi Indonesia dan juga bertemu dengan fans-fans saya. Merasakan cinta dari negara yang sangat jauh sangat berarti untuk apa yang  sedang saya lakukan saat ini.

– Tolong berikan beberapa patah kata untuk para fans kamu di Indonesia.

[SAM] Hello everyone in Indonesia! Saya SAM! I can’t wait to visit and get a chance to meet you all. If you haven’t, check out my new single featuring K.Shin… Wake Up! Thank you and saya cinta kalian semua!! (Halo semuanya di Indonesia! Saya SAM! Saya tidak sabar untuk mengunjungi dan berkesempatan bertemu kalian semua. Jika kalian belum tahu, cek single terbaru saya bersama K.Shin… Wake Up! Terima kasih dan saya cinta kalian semua!!)

Terima kasih banyak untuk Sam dan CHITWN Music, atas kesempatan dan waktu yang diberikan untuk melakukan wawancara eksklusif. Sukses terus dan ditunggu musik-musik selanjutnya. Semoga kita bisa segera bertemu di Indonesia~ ^-^

Untuk KWavely yang belum mendengar lagu Wake Up, langsung tonton MVnya berikut ini:

Advertisements

Trackbacks

  1. […] Tonton teaser video “Wish I Never Had” dari SAM dibawah ini, dan simak pula wawancara eksklusif KWI dengan SAM disini: […]

Discuss this article...

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: